05 January 2009

Mahakam Delta

Jalan-jalan kali ini dilakukan di seputaran Kota Samarinda untuk melihat-lihat geologi daerah ini yang termasuk dalam wilayah kerja explorasi milik Total. Perjalanan dimulai dari Jakarta dan tiba di Balikpapan. Di Balikpapan dijemput oleh trip leader (seorang geologist) dan dibawa untuk melihat-lihat core dari beberapa sumur yang ada untuk memberikan gambaran sekilas sebelum dimulainya perjalanan.


Kuliah yang singkat, karena setelah itu kami segera meluncur ke Samarinda via darat selama 2 jam, tiba sore hari untuk cek in di hotel setempat. Selama beberapa hari kedepan kami berputar-putar kota Samarinda melihat-lihat beberapa singkapan dari mulai endapan laut dalam (tubidite), karbonat, sungai dll, cukup melelahkan dan panas. Field trip ini dilakukan selama beberapa hari, pagi keluar ke lapangan sore kembali ke hotel, sangatlah mudah juga karena hampir setiap lokasi yang dikunjungi langsung turun dari bus dan tidak perlu berjalan jauh lagi, sangat mudah dan nyaman.

Ada satu hari field trip dilakukan di muara Sungai Mahakam dengan speed boat, melakukan sounding, lihat-lihat vegetasi nipah, hingga peat beach. Cukup menyenangkan bisa jalan-jalan di off shore bar juga diwaktu surut, juga dilakukan pengambilan conto core disini untuk melihat sedimentasinya, hanya saja sangat terik hingga kulit serasa terbakar.



Hari terakhir perjalanan melakukan observasi singkapan endapan delta yang sangat tebal dan lengkap, baru kali ini saya lihat. Setelah itu hari itu juga sorenya kami meluncur ke Balikpapan untuk naik pesawat malam dan kembali ke Jakarta.

0 comments: